Bagiamana Cara Membuka Website Yang Diblokir? Berikut Pembahasannya

Cara Membuka Website Yang Diblokir

Bagaimana cara membuka website yang diblokir? Seringkali pada saat mengakses website, tentunya anda pernah mendapatkan akses error atau tidak bisa mengaksesnya. Mungkin masalah ini telah dilakukan oleh ISP, apalagi situs tersebut bersifat hal-hal negatif hingga ISP memblokirnya. Namun, masalah yang seperti ini dapat anda pecahkan dengan mengikuti beberapa cara yang ada dibawah ini.

1. Gunakan VPN

Cara yang pertama adalah anda dapat membuka sebuah website yang telah diblokir dengan memanfaatkan VPN. Secara umum, Virtual Private Network atau VPN merupakan sebuah aplikasi atau layanan yang berbasis online dan menawarkan pada pengguna dalam mengakses setiap situs yang telah diblokir. Dengan anda memanfaatkan sebuah aplikasi VPN, tentunya anda akan mendapatkan kebebasan untuk mengakses suatu situs web yang telah diblokir oleh pemerintah atau ISP.

Umumnya, cara buka website yang di blokir dengan VPN dapat anda lakukan dengan mudah, asalkan anda telah memilih aplikasi VPN yang baik dan benar. Pada saat ini ada banyak aplikasi VPN yang dapat anda gunakan melalui PC/Laptop/Handphone dengan mudah. Beberapa contoh aplikasi yang dapat anda gunakan berupa CyberGhost, NordVPN, ExpressVPN, PrivateVPN dan lain sebagainya.

2. Gunakan Opera

Cara membuka website yang diblokir selanjutnya adalah anda dapat memanfaatkan sebuah browser Opera. Pada umumnya, Opera merupakan suatu browser yang sudah dilengkapi dengan adanya VPN. Dengan begitu anda tidak akan mengalami kerepotan untuk mendownload suatu aplikasi VPN. Perlu diketahui juga kalau browser Opera ini juga menyediakan aplikasi yang bernama OperaVPN untuk pengguna android.

Melalui aplikasi yang ada, memungkinkan kalau anda dapat mengakses beragam macam jenis website meski website tersebut telah diblokir. Untuk itu Opera ini menjadi sebuah browser yang sangat direkomendasikan buat anda yang ingin mengakses website blokir.

3. Membukanya dengan SSH

Bagi anda yang masih ragu dengan cara diatas, mungkin anda dapat membukanya dengan memanfaatkan Secure Shell (SSH) yang berfungsi sebagai pelindung data dari beragam macam bahaya virus. Tak hanya itu saja, SSH juga memiliki fungsi yang baik pada pengoperasian website blokir. Dengan begitu, ini akan membuat anda terasa lebih mudah dan aman saat mengakses situs web blokir.

4. Buka dengan Web Proxy

Cara membuka website yang diblokir selanjutnya adalah anda dapat membukanya dengan mengandalkan web proxy. Web proxy merupakan website penyedia akses internet network dengan melalui server dari pihak ketiga. Untuk caranya anda bisa membuka aplikasi situs pada handphone anda, kemudian menuju situs ProxySite.com. Pada kolom yang telah tersedia, anda bisa memilih sebuah server dan kemudian memasukkan website yang telah diblokir, lalu tekan GO.

5. Aktifkan Add-On Pada Chrome

Aktifkan add-on di ekstensi browser yang tersedia menjadi suatu cara yang dapat dilakukan dengan mudah. Dimana anda dapat mengunjungi Chrome Web Store, kemudian buka extension Browsec VPN Free and Unlimited VPN. Setelah itu, anda bisa tekan Add to Chrome buat memasangnya, lalu tekan Add extension. Tekan ikon yang ada di kanan atas untuk mengakses Browsec VPN, lalu anda dapat memilih servernya dan menggeser toggle untuk memulainya.